Ini Feng Shui Baik untuk Membeli Rumah

membangun atau Membeli rumah merupakan pengalaman yang menyenangkan, meski mungkin Anda akan mengalami keraguan untuk memilih hunian idaman dan nyaman. Dan ternyata, ada beberapa aturan feng shui yang bisa membantu Anda guna mengambil keputusan.

Dengan mengikuti aturan feng shui sebagai landasan pada proses pembelian rumah tentunya bisa sangat menguntungkan Anda. Asal tahu saja, berdasarkan ilmu feng shui (asal china), rumah yang di desain mengikuti feng shui akan membawa kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan bagi pemiliknya. Selain itu, properti yang Anda beli pun akan memiliki nilai tambah jika akan dijual di kemudian hari.

1. Lokasi, Lingkungan dan Denah Lokasi

Dalam feng shui, lokasi hunian memiliki makna yang mendalam karena berkaitan dengan energi yang masuk ke dalam rumah. Pastikan rumah Anda mendapat asupan energi positif dari area di sekitarnya. Mulai dari jalanan yang bersih, tetangga yang ramah, tidak ada tanah sloping (miring) di belakang rumah, dan lain sebagainya.

Secara keseluruhan, rumah yang baik harus memiliki area bernafas yang baik. Dan posisi klasik feng shui yang bagus adalah rumah yang taman belakangnya memiliki luas yang lebih lega dari taman depan rumah. Bagian belakang rumah dipercaya sebagai gunung energi di feng shui.

2. Pintu Depan yang Kokoh

Pintu depan merupakan elemen penting dalam feng shui karena dipercaya menjadi bagian rumah pertama yang menerima energi positif Chi. Untuk itu, material pintu depan haruslah berkualitas. Mulai dari ukuran dan bentuk yang proporsional sampai dengan arah menghadap depan.

Anda bisa memperbaiki feng shui buruk di depan pintu dengan menata taman dan teras agar nampak rapi.

3. Periksa Semua Pintu

Setelah melakukan survei eksterior rumah, saatnya Anda melongok bagian interior untuk mengecek nilai feng shuinya. Apakah pintu masuk dan pintu keluar rumah dibuat saling berlawanan? Jika ya, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk melakukan renovasi penggantian letak pintu.

Selain pintu keluar-masuk, Anda juga harus memperhatikan posisi setiap pintu yang ada di dalam rumah. Jika banyak yang letaknya berlawanan atau berhadapan, maka bisa mengurangi aliran energi positif (Chi) yang masuk ke dalam rumah.

4. Area Pintu Masuk atau Foyer

Rumah yang baik semestinya dapat mempertahankan nutrisi energi positif yang masuk ke dalam rumah, dan area tersebut ada di foyer atau area pintu masuk. Penataan foyer adalah hal yang sensitif dalam feng shui.

Pintu masuk sebaiknya tidak langsung ditutup oleh dinding atau anak tangga yang menghadap langsung ke pintu. Hal ini bisa menjadi pertimbangan penting sebelum Anda memilih rumah.

5. Posisi Denah Ruang: Dapur, Kamar Tidur, Kamar Mandi

Denah ruang merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika membeli rumah baru. Beberapa ruangan yang punya nilai positif dalam rumah seperti dapur, kamar tidur, dan kamar mandi haruslah memiliki nilai feng shui yang baik.