Pengaruh Besar Wanita Dalam Dunia Teknologi

Mau tau” siapa saja wanita-wanita super yang punya pengaruh besar dalam perkembangan teknologi dewasa ini ? ini dia..

1. Belinda Johnson – Chief Business Affairs and Legal Officer Airbnb

source : bol.bna.com

Ia kerap dianggap sebagai ‘Sheryl Sandberg’-nya Airbnb. Bergabung pada 2011 dan menjadi eksekutif pertama yang direkut oleh CEO Airbnb Brian Chesky.

Sososk Belinda lah yang mendorong Chesky untuk mengenal regulaasi sebelum terjadi konflik. Kini sebagai Chief Business Affairs and Legal Officer Airbnb mengawasi kemitraan, kebijakan publik, komunikasi, iniiatif sosial, filantropi dan tentu saja aspek hukum.

2. Lucy Peng – Co-Founder Alibaba

source : leiphone.com

Tak disangka mantan guru ini menjadi seorang miliarder. Dia adalah Lucy Peng, salah satu pendiri Alibaba. Sejak 1999 ia ikut membesarkan e-commerce terbesar China bersama Jack Ma.

Sejak 2010 hingga 2013, Lucy berperan sebagai CEO Alipay yang menjalankan bisnis pembayaran online. Setelahnya dia diangkat menjadi CEO Alibaba Small and Micro Financial Services Group.

Perempuan yang dipunya nama Peng Lei ini turut menjabat sebagai Chief People Officer (CPO) Alibaba Group selama lebih dari 10 tahun. Tak sampai disitu, dia turut menjabat sebagai CEO Ant Financial Services Group, perusahaan jasa keuangan sebagai induk seluruh pembayaran online Alibaba

Kepiawaiannya dalam membesarkan Alibaba menobatkannya sebagai pebisnis perempuan yang disegani di dunia oleh majalah Forbes. Tahun ini, ia tercatat sebagai miliarder baru dengan nilai kekayaan USD 1,1 miliar

3. Ana Corrales – VP Google Store

source : hispanicexecutive.com

Lama bekerja di Cisco, pada Agustus 2015, Ana pidah ke Nest yang merupakan anak usaha Google. Di perusahaan tersebut, lulusan Stanford University itu dipercaya sebagai Chief Financial Officer. Barulah Agustus tahun lalu dia dipercaya sebagai VP Google Store, Global Operations and Supply Chain.

4. Sheryl Sandberg – COO Facebook

source : theatlantic.com

Kesuksesan Facebook menjadi social media terbesar di dunia ini tidak bisa dilepaskan dari peran perempuan kelahiran Washington, 28 Agustus 1969 silam. Bergabung sejak 2008, Sheryl menjadi wanita pertama yang masuk di jajaran dewan direksi Facebook. Harta kekayaannya pun berlimpah, hingga kini diperkirakan telah mencapai USD 1,4 miliar.

5. Susan Wojcicki – CEO YouTube

source : CNBC.com

Perempuan satu ini memang kalah bersinar ketimbang pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin. Tapi jasanya tidak bisa disepelekan. Bagaimana tidak, garasi rumahnya lah yang sempat dijadikan kantor oleh duo founder Google pada awal-awal berdirinya.

Bukan cuma itu, Susan juga dikenal sebagai salah satu inisiator dibuatnya Google Doodles. Selain itu, Susan turut andil dalam proses pengakusisian Youtube oleh Google pada 2007 silam. Sejak 2014, perempuan kelahiran California ini dipercaya memimpin layanan streaming video terbesar di dunia.

 

Masih banyak lagi prempuan yang berpengaruh dalam dunia teknologi dan terus bertambah..

Sumber : kekinian.co